Pallet Kayu Harus Dipelihara dengan Baik

Pallet kayu memang lebih sering dipilih ketimbang pallet plastik, karena harganya yang lebih terjangkau. Tapi pallet kayu lebih rawan rusak apabila tidak dirawat dengan cara yang benar. Apalagi pallet kayu juga lebih mudah terpengaruh oleh kondisi lingkungan.

Sebenarnya cara menjaga dan merawat pallet kayu agar lebih tahan lama tidaklah sulit. Anda hanya perlu memperlakukan pallet kayu dengan benar sejak awal dibeli, saat digunakan, disimpan, dan diperbaiki saat rusak. Jika bisa menjaga keutuhan pallet kayu dalam jangka panjang, tentu hal ini bisa berdampak pada efisiensi perusahaan. Lalu hal-hal apa yang bisa dilakukan untuk merawat pallet kayu agar lebih tahan lama?

Pilih Pallet Kayu yang Sesuai Fungsinya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih jenis pallet kayu yang tepat. Ada beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk membuat pallet kayu. Saat memilih carilah yang sesuai dengan kegunaannya nanti. Untuk pallet kayu yang nantinya digunakan untuk menopang beban berat, maka carilah material yang kuat, keras dan tidak mudah lapuk. Kayu jenis ini umumnya bisa menahan berat hingga lebih dari 100 kg. Sementara jika produk yang ditopang tidak terlalu besar, Anda bisa memilih pallet kayu yang terbuat dari bahan kayu lunak atau ringan. Pallet kayu ini biasanya lebih mudah didapat dan harganya juga lebih terjangkau.

Merawat Pallet Kayu dengan Benar

Bagi Anda yang jarang memeriksa kondisi pallet kayu di gudang, mungkin mulai sekarang Anda perlu sering melakukan pemeriksaan. Pasalnya jika tidak rutin diperiksa, Anda tidak akan tahu jika ada pallet kayu yang rusak, patah atau hancur. Selain itu gunakanlah pallet kayu dengan baik dan benar, bukan dengan sembarangan dan kasar. Jika banyak yang rusak, tentu biaya yang akan dikeluarkan oleh perusahaan menjadi lebih besar.

Untuk itu berhati-hatilah dalam menggunakan pallet kayu. Beberapa hal yang perlu Anda hindari adalah melempar pallet kayu dan memaksakan bobot barang yang sudah tidak sesuai kapasitas pallet. Taruhlah secara perlahan dan sesuaikan beban barang di atasnya. Dengan demikian, pallet kayu akan lebih awet dan tahan lama.

Bukan hanya saat digunakan, tapi setelahnya Anda juga harus menyimpan pallet kayu dengan baik dan benar. Seperti yang sempat disampaikan di awal tadi, pallet kayu sangat terpengaruh oleh lingkungan, terutama cuaca. Jadi simpanlah di tempat dengan temperatur yang sesuai agar tidak mudah lapuk. Jauhkan juga dari jangkauan api agar tidak terbakar, karena pallet kayu sifatnya lebih mudah terbakar ketimbang pallet plastik.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu, maka simpanlah pallet kayu di tempat yang bersih, kering dan tidak lembat. Penyimpanan pallet kayu di ruang terbuka sebenarnya tidak direkomendasikan, meski bisa memuat lebih banyak pallet kayu. Tapi selain kurang enak dipandang, penyimpanan pallet kayu dengan cara seperti ini disebut bisa membuat pallet lebih mudah rusak, terutama dimakan serangga (rayap), keropos dan lapuk. Jika demikian, maka nantinya Anda tidak hanya rugi karena pallet kayu yang rusak, tetapi barang-barang yang ada di atasnya juga bisa rusak.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan serta perawatan pallet kayu yang baik dan benar. Pemilihan pallet kayu ini memang cukup berisiko ketimbang pallet plastik. Tapi harga pallet plastik sedikit lebih mahal dan bisa membuat pengeluaraan perusahaan sedikit membengkak. Lebih baik Anda memilih pallet kayu yang harganya lebih terjangkau, tapi dirawat dengan baik.

Leave a Comment