Pallet Kayu dan Beragam Jenisnya

Pallet kayu merupakan salah satu benda yang tidak bisa lepas dari kegiatan werehousing atau penggudangan. Fungsinya adalah untuk menyimpan serta meletakkan barang dan umumnya dalam jumlah banyak. Bukan hanya itu, tapi pallet kayu juga berguna untuk memudahkan proses penghitungan serta transportasi. Pallet kayu ini sebenarnya tidak hanya dibuat dari bahan kayu, tapi juga dari bahan material lainnya seperti plastik. Untuk ukurannya sendiri, pallet kayu bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Bentuk dan Bagian Pallet Kayu Secara Umum

Bentuk pallet kayu adalah persegi atau persegi panjang. Umumnya memiliki tiga bagian utama, yakni bagian atas, bagian bawah dan kaki. Untuk bagian atas pallet kayu biasanya dibuat dari beberapa potong kayu yang ukuran panjang dan lebarnya sudah disesuaikan, lalu disusun secara rapi dari belakang ke depan. Di antara potongan-potongan kayu itu terdapat celah beberapa centimeter.

Berlanjut ke bagian kaki, pallet kayu umumnya memiliki tiga sampai empat kaki. Dua kaki berada di setiap sisi kanan dan kiri, sementara satu atau dua kaki lainnya diletakkan di tengah. Kaki bgian tengah inilah yang berperan sebagai penyangga serta mengatur keseimbangan pallet kayu saat digunakan untuk membawa barang.

Beralih ke bagian bawah pallet kayu, minimal terdapat empat papan yang bentuknya persegi. Dua sisi di sebelah kanan dan sebelah kiri akan bertemu dengan kaki di kedua sisi. Sementara untuk bagian belakang dan depannya akan membuat tiga atau empat kaki pallet kayu lebih kokoh. Keberadaan bagian bawah ini juga bertujuan sebagai pengaman forklift ketika membawa barang.

Berbagai Macam Pallet Kayu yang Biasa Digunakan

Kurang lebih seperti itulah gambaran tentang bentuk dan bagian-bagian pallet kayu. Namun, bagi Anda yang bekerja di bidang werehousing, pallet kayu pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Lantas ada berapa jenis pallet kayu yang biasanya digunakan dalam pergudangan atau werehousing? Secara umum pallet dibagi menjadi dua jenis, yakni pallet kayu 2 ways dan 4 ways.

Untuk pallet kayu jenis 2 ways, fungsinya hanya untuk forklift dari dua arah saja, yakni belakang dan depan. Sementara untuk pallet kayu jenis 4 ways berguna untuk forklift dari empat sisi, belakang, depan, kiri, dan kanan. Itu adalah jenis pallet menurut drive direction-nya atau arah bawanya. Ada juga jenis pallet berdasarkan pada material pembuatnya.

Jika berdasarkan bahan atau materialnya, pallet dibedakan menjadi tiga jenis, yakni pallet kayu, plastik dan partikel. Perbedaannya sudah jelas, dari bahan pembuatnya. Tapi ada beberapa keuntungan yang didapat dari penggunaan masing-masing jenis pallet tersebut.

Misalnya seperti pallet kayu, ini adalah jenis yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Keuntungan yang didapat dari pallet kayu adalah lebih mudah dicari, relatif murah dan mudah dalam pemeliharaanya. Mengapa harga pallet kayu murah? Tentu saja, karena Indonesia merupakan salah satu penghasil dan pengerajin kayu terbesar di dunia. Jadi bahan mentah kayu sangat mudah dicari.

Berlanjut ke jenis selanjutnya, yakni pallet plastik. Umumnya memiliki permukaan bagian atas yang datar dan tidak mempunyai rongga, tidak seperti pallet kayu. Untuk masalah harga, pallet plastik memang lebih mahal dari pallet kayu. Namun demikian, pallet yang satu ini lebih anti rayap dan tidak mudah rusak.

Sementara pallet partikel adalah yang belakangan ini sedang populer. Material partikelnya berasal dari kayu, atau yang juga disebut oleh orang Jawa dengan istilah ‘grajen’. Jenis pallet kayu dari partikel ini awalnya diperkenalkan oleh Jepang dan Tiongkok karena biaya produksinya yang lebih murah. Tapi kelemahan alat ini adalah lebih rusak.

Demikian penjelasan mengenai pallet kayu dan jenis-jenisnya. Semoga bermanfaat.

1 Comment

  • LIDIA May 13, 2018 at 8:50 am

    Pallet wing biasa bawah 3 atas 9 kayu brp per biji yang kayu n plastik?

    Reply

Leave a Comment